Robot kalahkan juara dunia catur cepat asal Rusia




Robot kalahkan juara dunia catur cepat asal Rusia
Juara dunia catur cepat GM Alexander Grischuk harus mengakui kehebatan robot Jerman, pada pertandingan di Moskow, Rusia, Sabtu (19/5).
Robot catur Jerman, KUKA Monster, berhasil menaklukkan grandmaster Alexander Grischuk pada turnamen catur cepat di Ibu Kota Moskow, Rusia, akhir pekan lalu. Hasil itu merupakan kejutan karena Grischuk merupakan juara dunia catur cepat.


Surat kabar Haaretz melaporkan, Senin (21/5), pertarungan keduanya berlangsung dalam enam babak. Hasilnya, Grischuk hanya mampu remis sekali dan sisanya kalah pada pertandingan yang digelar di Taman Strastnoy Bulvar, Moskow. Sempat optimis menang, juara dunia ini akhirnya terus terpojok menghadapi robot berbentuk tangan itu.

Pertandingan itu merupakan acara tambahan sebelum KUKA menghadapi robot lain ChessKA bikinan Rusia. Kedua mesin itu memperebutkan gelar robot catur terbaik sedunia dalam pertandingan resmi bertajuk "the World Chess Blitz Championship".
Acara ini diselenggarakan Federasi Catur Rusia dengan menggandeng beberapa pabrikan robot yang berniat mengembangkan mesin pintar, seperti FANUC dari Jepang serta ABB asal Swedia.

Grischuk mengaku belum pernah bertemu lawan setangguh ini. Dia juga memuji perkembangan teknologi yang sedikit demi sedikit mampu menyamai otak manusia. "Luar biasa dengan apa yang bisa dilakukan teknologi sekarang. Saya terkejut karena kecepatan dan intelejensi robot itu dalam pertandingan catur cepat," ujar grandmaster berperingkat ELO 2761 itu.

Meski KUKA mampu menaklukkan manusia, rupanya dia masih kalah tangguh dibanding mesin bikinan Rusia. Pada perebutan juara dunia, robot ChessKA buatan Konstantin Kosteniuk merebut gelar setelah mengalahkan KUKA di seluruh set.

Kekalahan manusia ini bukan yang pertama kali. Sejarah terjadi saat pecatur nomor satu dunia, Garry Kasparov, takluk atas komputer khusus catur Deep Blue buatan IBM pada 1997.


Responses

0 Respones to "Robot kalahkan juara dunia catur cepat asal Rusia"

Posting Komentar

 
Copyright © 2012 | MiiTaa CumiTh F