Survei: Israel peringkat tiga negara paling buruk sedunia



Dua gadis Palestina yang mukim di London, Inggris, mengikuti aksi boikot produk Israel.
Israel rupanya semakin tidak disukai masyarakat internasional. Survei yang digelar BBC, bekerjasama dengan GlobeScan Poll Institute dan Universitas Maryland Amerika Serikat, menunjukkan 50 persen responden merasa Negara Zionis itu berada di urutan ketiga sebagai negara dengan citra terburuk di dunia.


Hasil jajak pendapat yang menyudutkan Israel itu bukan hanya dari dunia muslim. Sebagian besar warga Eropa, Afrika, sampai Amerika Selatan merasa Negara Zionis itu punya citra buruk yang tidak sulit dihapus, seperti dilansir Stasiun Televisi Al Arabiya, Ahad (21/5).

Jajak pendapat ini diselenggarakan sejak tahun lalu dan berakhir tiga bulan lalu. Sekitar 24 ribu responden dilibatkan dari 22 negara mewakili lima benua. Para peserta diminta menyebutkan negara-negara yang mereka nilai punya citra buruk atau berpotensi jadi ancaman bagi perdamaian dunia.

Hanya mayoritas responden dari Amerika, Nigeria, dan Kenya yang tidak menganggap Israel punya citra buruk. Negara mayoritas Yahudi itu malah hancur lebur di mata warga Eropa.
Di Jerman, 69 persen responden mengaku muak melihat sepak terjang Israel. Pendapat tak jauh beda muncul di Spanyol (74 persen), Prancis (65 persen), dan Inggris (68 persen).
Dari luar Eropa dan negara muslim, Brazil jadi salah satu wakil Amerika Latin yang warganya paling banyak menganggap Israel bercitra buruk, mencapai 58 persen.

Berdasarkan jajak pendapat itu, Israel bahkan dianggap lebih buruk dari Korea Utara yang berada di peringkat empat. Menurut rilis dari BBC Poll, kebanyakan responden merasa kebijakan agresif pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di Timur Tengah membuat mereka tidak nyaman.

Di urutan pertama, bercokol Iran. Sebanyak 55 persen responden dari seluruh dunia merasa negara itu memiliki citra paling buruk saat ini sejagat.
Pemberitaan media massa tentang program nuklir Iran berpengaruh cukup besar pada persepsi masyarakat dunia. Pakistan, negara yang kerap melakukan sensor, berada persis setingkat di bawah Iran.   


Responses

0 Respones to "Survei: Israel peringkat tiga negara paling buruk sedunia"

Posting Komentar

 
Copyright © 2012 | MiiTaa CumiTh F